Sejarah Perkembangan Kebaya

Kebaya, seiring berjalannya waktu, melalui derasnya arus mode hingga abad ke-15 masehi. Kebaya adalah pakaian tradisional yang dikenakan wanita Indonesia yang teerbuat dari bahan tipis yang dapat dipadupadankan dengan kain, batik, songket atau yang bercorak warna-warni. Busana yang mirip dengan yang disebut “nyonya kebaya” ini diciptakan pertama kali oleh orang-orang Peranakan yaitu dari Malaka. Mereka sering menggunakannya dengan sarung dan kaus cantik dengan berhiaskan manik-manik yang disebut dengan “kasut manek”.

Kebaya merupaka busana yang pertama kali dikenakan wanita Indonesia, khususnya wanita yang berasal dari Jawa yang menggunakannya dengan kain.

Mulai dari sanalah kebaya berkembang pesat, yang berkembang ke Malaka, Sumatra, Sulawesi, dan Bali .Di daerah Jawa, kebaya hanya di pakai oleh kalangan kerajaan saja.

Sekarang, nyonya kebaya ini sedang mengalami pembaharuan besar, dan juga sangat terkenal pada wanita non Asia. Berbeda dengan kebaya tradisional di Indonesia, kini para perancang mode sedang sibuk memikirkan cara untuk memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi busana yang lebih modern lagi. Pembaharuan kebaya seperti memasangkan kebaya dengan jeans atau rok menjadi ide yang cukup manarik yang menandakan bahwa kebaya tidak hanya dapat dipakai untuk acara resmi saja tetapi dapat dipakai dalam acra yang lebih santai.

Pada akhir abad ke-19,  wanita-wanita dari Negara Belanda juga suka memakai kebaya  untuk acara resmi yang cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Pada masa ini, kebaya sudah mulai mengalami pembaharuan yang dulunya hanya menggunakan tenunan mori saja, sekarang telah menggunakan tenunan sutera dengan sulaman warna-warni.

Selain di kalangan wanita Belanda, kebaya juga sangat popular di kalangan wanita Cina, karena inilah muncul kebaya encim. Semakin berkembangnya zaman, kebayapun secara tidak langsung menjadi simbol feminisme, yaitu busana khas wanita yang kini telah menjadi busana nasional dan model kebaya modern.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: